12. Perencanaan dan Analisis Sistem
Analisis
Sistem merupakan Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke
dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan
dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Perencanaan
sistem adalah proses membuat sebuah laporan perencananaa sistem yang
menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung
tujuan bisnis dan operasi organisasi.
Perencanaan sistem dilakukan
saat suatu kegiatan akan berjalan.tujuannnya untuk melihat kesempatan
memanfaatkan teknologi informasi dan membangun proyek sistem yang
mendukung tujuan bisnis.
12.1 Perencanaan sistem dan analisis kelayakan
• Analisis kelayakan
Tujuannya adalah :
a. Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
b.
Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar –
benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala
yang terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap lingkungan
sekeliling.
• Perencanaan sistem dan analisis sistem mencakup 7 tahap yaitu :
1. Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak.
2. Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem.
3. Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan.
4. Pengembangan perencanaan sistem informasi strategik.
5. Identifikasi dan memprioritaskan area spesifik dalam organisasi
sebagai focus pengembangan sistem.
6. Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan
perancangan awal sub system tertentu.
7. Pembentukan tim untuk tujuan analisis perancangan awal sistem.
• Tugas – tugas analisis kelayakan :
1. Penentuan masalah dan peluang yang dituju sistem.
2. Pembentukan sasaran sistem baru.
3. Pengidentifikasian para pemakai sistem
• Metode penentuan penganggaran modal :
1. Payback period
2. Net present value
3. Internal rate of return
4. Modified internal rate of return.
• Ukuran kelayakan :
1. Teknologi
2. Ekonomi
3. Non ekonomi
4. Organisasi atau operasional
5. Jadwal
12.2 Langkah-langkah analisis sistem
Langkah-langkah analisis sistem :
1.
Identify , mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertaman yang
dilakukan dalam tahap analisis sistem. Tugas yang harus dilakukan analis
sistem adalah :
a. Mengidentifikasi penyebab masalah
b. Mengidentifikasi titik keputusan
c. Mengidentifikasi personil – personil kunci
2. Understand, memahami kerja sistem yang ada
Langkah
ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem
yang ada beroperasi. Diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara
melakukan penelitian.Sejumlah data perlu dikumpulkan dengan menggunakan
teknik pengumpulan data yang ada yaitu wawancara, observasi, daftar
pertanyaan dan pengambilan sampel
3. Analyze, Menganalisis sistem
Langkah
ini dilakukan berdasarkan data yagn telah diperoleh dari hasil
penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan pertanyaan dan kriteria
ini, selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil
penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari
sistem yang ada.
Report , membuat laporan hasil analisis.
Laporan
hasil analisis diserahkan ke Panitia Pengarah yang nantinya akan
diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan panitia
pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analis
yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan
ini.
Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah:
1. Analisis telah dilakukan,
2. Meluruskan kesalah pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen,
3. Meminta pendapat dan saran dari pihak manajemen, dan
4. Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan.
12.3 Teknik-teknik pengkumpulan fakta
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :
1.Sistem yang berjalan
menyediakan
kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu sedikit
perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga
menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis
mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.
2.Sumber internal lainnya
Sumber
yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang baru.Sumber
kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen
dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah
dilakukan organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3.Sumber eksternal
Informasi
yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan teknik.
Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan.
12.4 Teknik-teknik mengorganisasikan fakta
Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari :
• Analisis pengukuran kinerja
• Analisis Distribusi kerja
• Analisis Fungsional
• Analisis Matriks
12.5 Analisis sistem terstruktur
Adalah
Salah satu pendekatan formal pertama untuk analisis sistem informasi.
Analisis ini terfokus pada aliran data dan proses bisnis dan perangkat
lunak. Analisis ini disebut proses oriented. Analisis terstruktur
sederhana dalam konsep. Proses analis menggambarkan serangkaian proses
dalam bentuk diagram alir data (Data Flow Diagram) yang menggambarkan
proses yang ada atau yang diusulkan bersama-sama dengan input , output
dan file mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar